Bupati Dompu Melantik dan Mengukuhkan Pengurus UPZ Kecamatan
Cari Berita

Advertisement

Bupati Dompu Melantik dan Mengukuhkan Pengurus UPZ Kecamatan

Rabu, 27 Februari 2019


Dompu, Lensa Post NTB - Badan Amil Zakat Nasional  (Baznas ) Kabupaten Dompu, Rabu (27/2) menggelar acara  pengukuhan dan pelantikan pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Dompu. Kegiatan pelantikan yang dihelat di Pendopo Bupati Dompu itu dilakukan oleh Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin. Dalam sambutannya Bupati mengapresiasi kinerja Baznas Kabupaten Dompu yang telah mengelola zakat fitrah, zakat maal maupun zakat profesi dan dialokasikan kepada para mustahiq (yang berhak menerimanya) secara baik.  

Bupati menegaskan pengalokasian dana zakat tidak perlu kepada banyak orang tetapi tidak memberikan pemanfaatan yang maksimal. Namun akan lebih efektif diberikan kepada sedikit warga dengan nilai yang lebih banyak karena akan terlihat hasilnya. Seperti program bedah rumah yang dilaksanakan oleh Baznas untuk 25 unit rumah setiap tahun. Rumah yang dibangun adalah rumah yang sehat. "Demikian pula kalau ada warga yang diberi bantuan modal usaha kita berharap bantuan yang diberikan itu cukup," ujar Bupati.

Selanjutnya Bupati berharap agar para marbot masjid lebih diperhatikan lagi kesejahteraannya agar dapat membersihkan area masjid, toilet dan sekitarnya dengan baik. "Jangan lagi ada toilet yang di depan pintunya ditulis : masuk toilet harus lepas alas kaki hanya karena alasan malas membersihkan. Itu harus dirubah dengan kalimat masuk toilet harus pakai alas kaki karena toilet itu tempat yang kotor," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyerahkan penghargaan kepada 5 instansi yang telah menyetorkan zakat profesi dalam jumlah besar.  Kelima instansi tersebut adalah Kementerian Agama Kabupaten Dompu sebesar Rp. 85.233.300,- Setda Dompu senilai Rp. 55.319.129, MIN Kandai Dua senilai Rp. 44. 515.740, UPTD Dikpora Kecamatan Dompu sebesar Rp. 43.987.011 dan MTSN Kandai Dua Rp. 42. 040. 110. Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang zakat yang disampaikan oleh 3 (tiga) narasumber yakni Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si tentang produk hukum yang berkaitan dengan zakat,  Ketua MUI Kabupaten Dompu,  DR (HC) H. Abdullah Aisyah,  S. Ag tentang ayat Al-Qur'an, hadits dan ijtima' ulama tentang zakat dan Ketua Baznas Kabupaten Dompu,Drs. H. Burhanuddin HMS tentang ketentuan zakat tanaman,  emas dan perak serta zakat profesi. Hingga acara selesai, kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar. (AMIN DOMPU)