Dan SSK TMMD-104 Beri Pembekalan Wasbang Santri Ponpes Fadilatul Islamiyah
Cari Berita

Advertisement

Dan SSK TMMD-104 Beri Pembekalan Wasbang Santri Ponpes Fadilatul Islamiyah

Kamis, 28 Februari 2019

Dompu, Lensa Post NTB -  Pada hari keempat kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa  (TMMD) ke 104 Kodim 1614/ Dompu di Kecamatan Manggelewa, Jum'at (1/3) kegiatan pembangunan fisik terus berjalan. Pada hari yang sama kegiatan non fisik juga sudah mulai dilaksanakan. 
Komandan Satuan Setingkat Kompi  (Dan SSK) TMMD ke 104 Kodim 1614 Dompu, Kapten Inf. Mujiono memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan  (Wasbang) kepada sekitar 75 siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Fadilatul Islamiyah Dusun Sori Rae Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa. Danramil Manggelewa ini menekankan pemahaman terhadap Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan keutuhan NKRI.
"Sebagai siswa dan warga negara Indonesia harus  hafal Pancasila dan bisa memahami, menghayati dan melaksanakan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila," tandasnya.
Selanjutnya Dan SSK menjelaskan Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia. "Di dalamnya mengandung makna kita harus saling menghargai, mengasihi, menyayangi walaupun berbeda suku agama dan ras," urainya.

Demikian pula lagu kebangsaan Indonesia Raya bukan hanya dihafalkan dan bisa menyanyikan tetapi juga menghayati nilai-nilai perjuangan para pemuda di dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.
Danramil juga menegaskan agar jangan sampai menyentuh dan memiliki narkoba karena pada akhirnya akan merugikan diri sendiri lingkungan dan pasti akan merusak masa depan masing-masing. "Jangan sampai juga menyalahgunakan  tramadol,  komik lem, miras atau apapun namanya yang akan merusak fisik maupun mental karena akan berakibat fatal yaitu kehilangan masa depan bahkan kematian, " pesannya.

 Dan SSK juga menekankan agar taat pada orang tua dan guru, tidak melawan perintah ortu dan guru. "Pergaulan bebas juga  harus dihindari. Kalau sudah hamil di luar nikah yang malu bukan hanya diri sendiri tetapi orang tua dan keluarga," harapnya.Selanjutnya para siswa tersebut dilatih PBB (Peraturan Baris Berbaris).
Dan SSK dalam memberikan pembekalan Wasbang  dan PBB ini dibantu oleh Serma Lukman (Komandan Sasaran VII Pembukaan Jalan di Dusun Doro Mbe'e Desa Lanci Jaya) dan Serka Suherman (Komandan Sasaran VI Musholla Nurul Aisyah Dusun Doro Mbe'e Desa Lanci Jaya). (AMIN DOMPU)