Dinas Dikpora Dompu Akan Gelar Olimpiade MIPA dan Lomba Baca
Cari Berita

Advertisement

Dinas Dikpora Dompu Akan Gelar Olimpiade MIPA dan Lomba Baca

Rabu, 27 Februari 2019

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas), Zaenal Afrodi, S. Pd., M. Pd

Dompu, Lensa Post NTB - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  (Dikpora) Kabupaten Dompu dalam waktu tak lama lagi akan menggelar Olimpiade MIPA dan Lomba Baca bagi siswa SD tingkat Kabupaten Dompu. Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas), Zaenal Afrodi, S. Pd., M. Pd menyebutkan Olimpiade MIPA akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 6 Maret 2019. Kegiatan direncanakan bertempat di SDN 01 Dompu. Sedangkan lomba membaca akan diselenggarakan pada bulan April mendatang. 

Dijelaskan Zaenal untuk olimpiade MIPA telah dilakukan seleksi di tingkat kecamatan oleh UPT Dinas Dikpora di masing-masing kecamatan. "Tinggal pelaksanaan di tingkat kabupaten, " ujarnya.
Dijelaskannya kedua jenis lomba tersebut dilaksanakan untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan program Calistung (Membaca Menulis dan Berhitung) yang dilaksanakan di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini. "Program Calistung gencar digalakkan di seluruh sekolah menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Dompu beberapa waktu lalu," tuturnya. Diakuinya, pihak sekolah-sekolah saat ini sedang gencar untuk menuntaskan program tersebut dengan harapan kecakapan calistung siswa  lebih meningkat dari sebelumnya.

Dikatakan pejabat muda yang juga merupakan pengurus KNPI Kabupaten Dompu ini, Bupati HBY mengeluarkan surat edaran tentang penuntasan Calistung karena hasil survey yang dilakukan oleh Dinas Dikpora Kabupaten Dompu  dan juga oleh Kelas Inovasi, bahwa kemampuan Calistung siswa SD di Kabupaten Dompu masih rendah. "Dengan adanya surat edaran bapak Bupati ini memacu semua pihak  yang ada di lingkungan sekolah, gugus maupun stakeholder terkait untuk bekerja keras guna menuntaskan program tersebut," ucapnya.Disebut Kabid Dikdas salah satu gebrakan yang dilakukan untuk penuntasan program Calistung adalah peremajaan gugus alias melakukan revisi kepengurusan gugus seperti K3S, MK3S, MGMP dan KKG. Peremajaan gugus ditempuhnya agar seluruh pengurus gugus "sudah ada 80 % dilakukan peremajaan gugus," paparnya. (AMIN DOMPU)