Dan SSK TMMD 104 : Jangan Sentuh Narkoba
Cari Berita

Advertisement

Dan SSK TMMD 104 : Jangan Sentuh Narkoba

Jumat, 01 Maret 2019

Dompu, Lensa Post NTB - Komandan Satuan Setingkat Kompi  (Dan SSK) TNI Manunggal Membangun Desa  ( TMMD ) ke 104 Kodim 1614 Dompu, Kapten Inf. Mujiono menegaskan agar generasi muda jangan sampai berhubungan dengan narkotika dan zat-zat adiktif lainnya. Karena itu akan membahayakan bagi diri sendiri. Penyalahguna barang haram tersebut akan kehilangan masa depan. Fisik dan mentalnya rusak akibat pengaruh narkoba dan obat-obatan berbahaya lainnya.
Penegasan itu disampaikan Danramil Manggelewa ini saat memberikan materi penyuluhan Wawasan Kebangsaan kepada 75 orang siswa Madrasah Aliyah (MA) Fadilatul Islamiyah Dusun Sori Rae Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB pada Jum'at pagi (1/3) kemarin.
"Jangan sampai menyentuh narkoba karena itu berbahaya," tegasnya.

Bukan hanya narkoba, lanjutnya tetapi menyalahgunakan obat sejenis tramadol, komix atau sejenisnya juga akan merusak kesehatan tubuh. Apalagi dengan dosis yang lebih besar dan secara terus-menerus bisa merusak jaringan otak bahkan menyebabkan kematian, jelasnya.
Untuk materi Wasbang sendiri, Dan SSK TMMD ke 104 ini memberikan penekanan kepada para siswa-siswi tersebut untuk memahami Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup dalam Berbangsa dan Bernegara, memahami makna di balik semboyan Bhineka Tunggal Ika meskipun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, agama,  adat istiadat dan budaya yang berbeda-beda tetapi tetap merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam wadah NKRI  (Negara Kesatuan Republik Indonesia). "Di dalam melihat perbedaan-perbedaan yang ada kita harus tetap saling menghormati dan saling menghargai," ujarnya.

Usai penyuluhan Wasbang, Dan SSK memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dibantu oleh Serma Lukman (Komandan Sasaran VII Pembukaan Jalan di Dusun Doro Mbe'e Desa Lanci Jaya) dan Serka Suherman (Komandan Sasaran VI Musholla Nurul Aisyah Dusun Doro Mbe'e Desa Lanci Jaya). Sementara itu, Pengurus Yayasan Ponpes Fadilatul Islamiyah,  Abdul Gani, M. Pd menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada TNI yang telah membekali siswa-siswinya dengan materi Wasbang dan materi PBB termasuk juga pembekalan tentang etika dalam pergaulan sehingga generasi muda tidak terjerumus dalam pergaulan yang menyimpang dari ajaran agama maupun hukum di negeri ini. "Materi-materi yang telah disampaikan oleh TNI kepada siswa-siswi kami sangat berharga. Kami berterima kasih kepada pak Danramil bersama anggota," kata Abdul Gani sembari berharap di lain waktu berkesempatan untuk memberikan pembekalan lagi kepada para siswa-siswinya. (AMIN DOMPU)