Dorong KLA, DP3A Dompu Gelar FGD
Cari Berita

Advertisement

Dorong KLA, DP3A Dompu Gelar FGD

Selasa, 05 Maret 2019

Dompu, Lensa Post NTB - Dalam rangka membangun komitmen bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait dalam rangka pemenuhan indikator Kabupaten Dompu sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), maka Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu menggelar kegiatan Focus Discussion Group (FGD). Kegiatan tersebut berlangsung di gedung PKK Kabupaten Dompu pada Senin (4/3).
DP3A Kabupaten Dompu sebagai leading sector urusan KLA ini mengundang pimpinan OPD dan instansi terkait seperti kepolisian,  Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Kementerian Agama. Perwakilan dari pers juga diundang untuk mengikuti FGD itu. Kepala DP3A Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE, M. Si mengatakan sebuah Kabupaten / Kota bisa dikategorikan sebagai KLA apabila memenuhi semua indikator yang ditetapkan dalam Konvensi Hak Anak  (KHA) yang berkaitan dengan  pemenuhan hak anak yang meliputi penguatan kelembagaan dan 5 Klaster Hak anak yakni hak sipil dan kebebasan, Lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif,  kesehatan dan kesejahteraan,  pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus. "Dari 5 klaster ini ada 24 indikator yang harus kita jawab bersama," jelasnya sesaat sebelum FGD dimulai.

Diungkapkan Daryati  Kabupaten Dompu berada pada posisi ketiga di NTB dengan pencapaian indikator KLA pada nilai 470. "Hasil evaluasi KLA Kabupaten Dompu 2018 baru mencapai 470 poin. Untuk mencapai KLA Pratama minimal  500-600 poin. Kita belum sampai ke sana," ujarnya sembari berharap semua OPD bekerja sama untuk pencapaian indikator tersebut. "Saya yakin kita bisa naik di urutan kedua. Kalau bersinergi saya yakin kita bisa, " ucapnya optimis. Para peserta FGD dibagi dalam 6 kelompok sesuai dengan klaster masing-masing dan selanjutnya perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan seluruh peserta. (AMIN - TIM LENSA POST)