Pagi Ini, Menteri Pertanian RI Panen Raya Jagung di Dompu
Cari Berita

Advertisement

Pagi Ini, Menteri Pertanian RI Panen Raya Jagung di Dompu

Minggu, 10 Maret 2019


Dompu, 19bersatu.com-- Sesuai rencana bahwa pagi ini, Senin, 11 Maret 2019, Menteri Pertanian melalui Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia akan melakukan panen raya jagung di Desa Saneo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB. Sejak dicanangkan program jagung oleh Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, pada awal menjabat 2010 lalu, program brilian ini disambut hangat oleh seluruh khalayak, baik masyarakat Dompu yang ikut merasakan hasil dari program ini, dan tidak sedikit juga pemerintah pusat hingga internasional mengapresiasi terhadap program yang turut membangun bangsa ini, terbukti Bupati yang kerap disapa HBY ini menerima penghargaan dari berbagai instansi maupun lembaga internasional.

Dari torehan program yang dicanangkannya ini, Presiden Joko Widodo, selain mendatangi daerah yang bermotto Nggahi Rawi Pahu, juga mengundang Bupati HBY untuk menerima penghargaan presiden di istana negara. Produksi jagung di Kabupaten Dompu telah mampu mengurangi beban impor jagung negara dari 3 juta ton per tahun ditekan hingga tersisa 300 ribu ton per tahun. Prestasi inilah sehingga menghantarkan kabupaten Dompu, dari Kabupaten kecil, miskin dan tidak dikenal menjadi kabupaten yang besar omsetnya, kaya dan sejahtera petaninya hingga menjadi kabupaten yang sangat dikenal sampai ke mancanegara.

Beberapa kali pejabat negara, mulai dari presiden, beberapa menteri, gubernur telah melaksanakan panen raya jagung secara nasional di kabupaten Dompu, dan hari ini bertempat di Desa Saneo Kecamatan Woja, Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI melaksanakan panen raya jagung sebagai bukti apresiasi pemerintah pusat terhadap keberhasilan program jagung di Kabupaten Dompu. Hamparan jagung yang diperkirakan lebih dari 7500 hektar membentang disepanjang perbukitan desa Saneo dengan ketinggian 1300 mdpl seolah menambah keindahan dan panorama perbukitan dan dari kejauhan tampak laut teluk Cempi sehingga makin menambah inspirasi.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Ilham, SP, mengaku telah matang mempersiapkan untuk pelaksanaan panen raya hari ini, "Panen raya merupakan salah satu ikon pertanian Kabupaten Dompu" sehingga harus dipertahankan agar terus mensejahterahkan masyarakat, jelasnya. (DEOR – TIM LENSA POS NTB)