TMMD ke 104 Miliki Asas Manfaat Bagi Masyarakat
Cari Berita

Advertisement

TMMD ke 104 Miliki Asas Manfaat Bagi Masyarakat

Senin, 11 Maret 2019


Dompu, 19bersatu.com-- Program TNI Manunggal Membangun Desa  (TMMD) ke 104 tahun 2019 yang dilaksanakan oleh TNI dari Kodim 1614 Dompu memiliki asas manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB terutama yang berdomisili di Desa Tekasire dan Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Tekasire,  Yan Sofian Herali saat dikonfirmasi media ini di sela-sela kegiatan pembangunan jembatan di Dusun Jati Mengi Desa Tekasire, Ahad (10/3) kemarin. 

Dicontohkan Yan, masyarakat Tekasire selama ini mengangkut jagung dengan kendaraan sepeda motor melintasi 2 (dua) buah jembatan kayu yang ada di tengah-tengah lahan jagung milik warga. Kini kedua jembatan kayu tersebut sudah dilepas dan sedang dalam proses pembangunan jembatan permanen oleh TNI bersama warga setempat. "Selama ini masyarakat menggunakan jembatan kayu. Akses jembatan ini memang sangat bermanfaat bagi masyarakat, " ungkapnya. Lebih lanjut Kades Tekasire ini mengemukakan  selama ini warga yang ingin mengangkut hasil panenan jagung harus mengeluarkan biaya Rp. 15.000 per karung untuk menyewa ongkos angkut menggunakan sepeda motor. "Kalau dua jembatan ini sudah jadi, mobil bisa langsung masuk dan biaya petani semakin berkurang, " imbuhnya.

Selain 2 (dua) unit jembatan,  di Desa Tekasire tersebut anggota TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 104 bersama masyarakat sekitar melakukan pembukaan jalan ekonomi. Jalan baru yang melintasi ladang jagung warga tersebut berukuran panjang 2.600 m dan lebar 6 m yang menghubungkan jembatan pertama dengan jembatan kedua. Kades Tekasire mengakui jalan ekonomi tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di dalam pengangkutan pupuk maupun hasil pertanian terutama jagung yang akan dipanen dalam waktu yang tak lama lagi. (AMIN – TIM LENSA POS NTB)