Beli Kosmetik, Jangan Lupa Cek KLIK
Cari Berita

Advertisement

Beli Kosmetik, Jangan Lupa Cek KLIK

Selasa, 30 April 2019

Yogi A. Baso, S. Si, Apt (Kepala UPT BPOM Bima) Saat Memberi Penyuluhan tentang Kosmetika, Obat dan Makanan di Dompu, Selasa (30/4)
Dompu, 19bersatu.com-- Setiap wanita ingin selalu tampil muda dan tetap cantik. Tidak mengherankan jika beragam jenis produk kosmetika selalu menemani kehidupan kaum hawa.
Namun demikian hendaknya berhati-hati di dalam memilih produk kecantikan ini. Karena bisa saja mengandung bahan berbahaya yang dapat berakibat fatal bagi penggunanya.
Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Pengawasan Obat dan Makanan (UPT - BPOM) Bima, Yogi A. Baso Mataram, S. Si, Apt saat memberikan penyuluhan dalam acara Road Show HKG PKK ke 47 di IKM Mart Desa Mangge Asi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB,  Selasa (30/4) mengingatkan sebelum membeli suatu peralatan kosmetika hendaknya melakukan Cek Klik.
"Cek KLIK dulu kalau ingin beli kosmetik," imbaunya.
Yogi melanjutkan Cek KLIK artinya masyarakat harus mengecek Kemasan, Label, Izin edar dan masa Kedaluwarsa.
"Pastikan Kemasan produk dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan maupun penyok. Baca juga informasi produk yang tertera pada Labelnya dengan cermat. Pastikan memiliki Izin Edar dari Badan BPOM. Izin Edar dapat dicek melalui aplikasi Android Cek BPOM dan pastikan produk tersebut tidak memiliki mada Kedaluwarsa," jelasnya.
Dilanjutkan Yogi Cek KLIK tersebut bukan hanya untuk produk kosmetika. Tetapi juga untuk produk suplemen kesehatan, obat, obat tradisional dan produk pangan. Apabila produk-produk tersebut tidak memenuhi syarat dalam Kemasan, Label, Izin Edar maupun masa Kedaluwarsa, maka diharapkan kepada masyarakat untuk tidak membelinya.
"Kalau membeli obat silahkan beli di apotik atau di toko obat berizin," harapnya mengakhiri. (AMIN)