Dasawisma Harus Dihidupkan
Cari Berita

Advertisement

Dasawisma Harus Dihidupkan

Selasa, 30 April 2019


Dompu, 19bersatu.com-- Dasawisma adalah kelompok ibu berasal dari 10 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga).

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE, M. Sc dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Dompu pada acara Road Show Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47 dan Hari Kesehatan Nasional tahun 2019 mengimbau agar dasawisma dihidupkan kembali di desa-desa agar program-program PKK bisa terlaksana dengan baik.
"Program - program PKK bisa berjalan dengan baik apabila dasawisma tumbuh dengan baik di desa-desa," ujarnya.

Melalui dasawisma, lanjutnya informasi tentang kesehatan, pendidikan keluarga dan bisa disampaikan kepada masyarakat. Bila ada warga yang mengalami sakit juga akan bisa segera dilakukan penanganan. Karena hubungan komunikasi bisa berjalan dengan baik dan harmonis di dalam kelompok dasawisma tersebut. "Bisa secepatnya dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit kalau ada yang sakit. Demikian juga kalau ada kegiatan Posyandu bisa diinformasikan," imbuhnya.
Ditegaskan Niken keberadaan dasawisma sangat penting sebagai wadah komunikasi dan kerjasama anggota kelompok tersebut sehingga semua persoalan bisa diatasi bersama-sama.
"Kalau kita bisa bersinergi masalah apa saja bisa diselesaikan dengan baik," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Provinsi NTB ini menekankan juga tentang pentingnya pendidikan dalam keluarga. Pembinaan dan pengarahan orang tua terhadap anak-anak akan memberikan manfaat yang sangat positif bagi pembentukan karakter anak. Nasehat orang tua dapat menjadi benteng yang kokoh bagi anak di dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. (AMIN)