HUT Dompu ke 204 Semarak
Cari Berita

Advertisement

HUT Dompu ke 204 Semarak

Senin, 22 April 2019


Dompu, 19bersatu.com-- Peringatan Hari Jadi Kabupaten Dompu ke 204 tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Beringin Pendopo Dompu berlangsung dengan sederhana namun  semarak.
Kegiatan diawali dengan upacara. Seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat Dompu. Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin bertindak sebagai Inspektur Upacara. Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Yuliadin, S. Sos. Dilakukan pula penyerahan pataka lambang Kabupaten Dompu.
Dalam sambutannya Bupati mengatakan Kabupaten Dompu telah berusia 204 dihitung sejak meletusnya Gunung Tambora pada tahun 1815. "Penetapan hari jadi Dompu ini tentunya telah didasari dengan penelitian yang sangat serius oleh para ahli budaya dan ahli sejarah yang tentu saja dengan keilmuan dan kepakarannya telah sepakat untuk menetapkan 11 April 1815 sebagai Hari Jadi Kabupaten Dompu," ungkapnya.
Dilanjutkan Bupati sejarah panjang dan nama besar Dompo  (Dompu) telah harum jauh sebelum Sumpah Palapa Gajah Mada tahun 1336 M.
"Kerajaan Majapahit pasti punya alasan yang sangat kuat sehingga harus memasukkan Kerajaan Dompo sebagai salah satu wilayah yang harus ditundukkannya dan harus menjadi bagian dari Kerajaan Majapahit," sebutnya.
Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa Upacara Peringatan HUT Kabupaten Dompu ke 204 tahun 2019 ini tertunda beberapa hari karena adanya tahapan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu Serentak 2019.
Usai upacara dilanjutkan dengan penampilan atraksi drumband dari sejumlah sekolah di Kabupaten Dompu. Kemudian dilakukan pemusnahan barang bukti tindak kriminal yang terjadi di Kabupaten Dompu. Seperti pemusnahan senjata api (senpi) rakitan, anak panah, narkoba jenis ganja dan sabu-sabu serta tramadol.

Ada pula yang unik dalam rangkaian kegiatan tersebut. Yakni Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu melaksanakan serah terima tempat penjualan sayur kepada 10 orang pedagang keliling. Penyerahan dilakukan oleh Bupati dan seluruh sayur-mayur yang ada di masing-masing rombong tersebut boleh diambil secara gratis oleh peserta upacara. Nampak ibu-ibu berebutan untuk mengambil sayuran gratis itu dan memasukkan ke dalam kresek plastik merah yang telah disiapkan.
Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan hadiah bagi para juara lomba membaca cepat tingkat SD dan lomba drumband.  Selanjutnya Bupati Dompu bersama Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Dandim 1614 Dompu, Kapolres Dompu, Kajari Dompu, Ketua Pengadilan Negeri Dompu beserta para pimpinan OPD dan Kabag Lingkup Setda Dompu melakukan ziarah ke pemakaman Sultan Siradjuddin di Kompleks Masjid Baiturrahman Dompu. (AMIN)