Lima Program Andalan, Parameter Keberhasilan Kapolres Bima Kota
Cari Berita

Advertisement

Lima Program Andalan, Parameter Keberhasilan Kapolres Bima Kota

Jumat, 26 April 2019

Kapolres Bima Kota - AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK,MH

Kota Bima, Lensa Pos NTB – Keberhasilan AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK, MH selama menjabat sebagai Kapolres Bima Kota patut diacungi jempol, sejak dilantik 29 Oktober 2018 lalu, orang nomor satu di jajaran Kepolisian Resort Bima Kota ini, telah menunjukkan banyak karya nyata yang ditorehkannya. Banyak tindakan kriminal dan kasus-kasus besar di wilayah Hukum Polres Bima Kota menjadi atensi Pria Ganteng berdarah Cirebon ini, diantaranya pengungkapan kasus pembunuhan di Kelurahan Kendo Kecamatan Raba Kota Bima, pengungkapan kasus pembunuhan di Lingkungan Saleko Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, beberapa kasus dugaan persetubuhan hingga video porno dan sukses mengungkap kasus narkoba di wilayah hukum Polres Bima Kota. 
Kegiatan Jumat Keliling Rutin Dilaksanakan Kapolres Bima Kota 
Selain Sukses menangani sejumlah kasus besar di wilayah hukum Polres Bima Kota, Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1998 ini dikenal sangat dekat dengan masyarakat melalui program Police Go To Mosque (Polisi menyambangi masjid) disetiap hari Jumat, hal ini dilakoninya sejak Dirinya pertama kali menjabat Kapolres Bima Kota hingga sekarang, menurut AKBP Erwin Ardiansyah bahwa semakin banyak kita bersilaturrahmi maka kita akan terus diliputi Rahmat Allah SWT, di moment jumat keliling inilah Kapolres Bima Kota menyempatkan waktu untuk menyampaikan pesan moral kepada masyarakat terkait saling menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing dan tetap menjaga hubungan silaturrahmi dan persaudaraan terhadap sesama. Pada kesempatan itu pula Kapolres menyerahkan tali asih bagi Imam dan marbot. Bukan itu saja, Erwin juga dikenal intens melakukan pendekatan dengan Tokoh-Tokoh selama menjabat sebagai Kapolres Bima Kota dengan tujuan memastikan daerah ini tetap dalam situasi Kamtibmas yang kondusif. 
Radio Parama Satwika Gagasan Kapolres Bima Kota telah mengudara di gelombang 98 FM
Berbagai upaya dilakukan Kapolres Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK,MH dalam rangka mendekatkan hubungan antara Pihak Kepolisian dengan masyarakat. Salah satu inovasi terbaru yang dilaksanakan Kapolres Bima Kota, yakni Polres Bima Kota telah mengoperasionalkan Radio Digital Parama Satwika 98 FM. Ini merupakan spoon radio digital yang telah mengudara dan dapat diakses dengan mendownload aplikasi  spoon radio. Spoon Radio digitalParama Satwika 98 FMPolres Bima Kota telah melaksanakan siaran perdana pada hari kamis tgl 13 Desember 2018 lalu. Melalui channel 98 FM, Radio Parama Satwika menampilkan berbagai acara unggulan, diantaranya “Kajian Akhlakyang disiarkan setiap hari kamis jam 18.30 wita,  acara lain yakni Polres Bima Kota menyapa  dan Wawasan Kebangsaan.  Melalui Radio Digital Parama Satwika 98 FM, diharapkan hubungan antara jajaran kepolisian Resort Bima Kota dengan masyarakat akan semakin erat.  Kehadiran Spoon Radio Digital Parama Satwika 98 FM ini tentu saja memberi manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama yang berkaitan dengan informasi kamtibmas dan siraman rohani setiap hari, bahkan Kapolres Bima Kota AKBP Erwin diakui sebagai Polisi Pertama di Indonesia yang berhasil membangun Spoon Radio.    
Bhabinkamtibmas Teladan Dapat Reward dari Kapolres Bima Kota
Terobosan-terobosan lain banyak dilakukan Alumni lulusan terbaik Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung ini, diantaranya  dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri di masyarakat, Kapolres Erwin mengadakan lomba Bhabinkamtibmas Teladan diwilayah hukum Polres Bima Kota. Menurut Pria Kelahiran Cirebon Juni 1976 ini, bahwa tujuan dari lomba ini dalam rangka menjaga atau tetap terpeliharanya kondusifitas kamtibmas diwilayah hukum Polres Bima Kota, Peran Bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan, diawali tugas pengamanan saat Pilkades serentak beberapa waktu lalu, hingga terselenggaranya pemilu 2019 yang sejuk aman dan damai. Selain itu untuk mengoptimalkan kinerja bhabinkamtibmas,  karena bhabinkamtibmas itu ujung tombaknya polri, terangnya. Adapun kriteria yang dinilai, yakni kemampuan Bhabinkamtibmas dalam menyelesaikan setiap permasalahan di masyarakat, termasuk Kemampuan Bhabinkamtibmas dalam mengantisipasi, mencegah, meredam dan menyelesaikan konflik, sehingga konflik tersebut tidak membias dan berlarut-larut, tandasnya. Selain mengadakan lomba Bhabinkamtibmas teladan, Kapolres juga menggelar Lomba Polisi Teladan untuk meningkatkan kinerja para Pejabat Utama Polres Bima Kota dan Kapolsek dalam rangka terselenggaranya pemilu 2019 yang sejuk aman dan damai. Pasca Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dan Pileg yang dilaksanakan 17 April lalu, Kapolres Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah, S.IK, MH selalu mewanti-wanti agar proses demokrasi ini dapat berjalan dengan sejuk, aman dan damai. Meski berbeda pilihan, tapi kita tetap bersaudara, jangan ada permusuhan yang menyebabkan konflik, hindari perpecahan dan perselisihan. Mari kita bersama-sama mengawal proses demokrasi dan rekapitulasi ini dengan baik, harap Kapolres. (SUKUR-01)