Pencoblosan Dimulai, Anggota KPPS Disumpah
Cari Berita

Advertisement

Pencoblosan Dimulai, Anggota KPPS Disumpah

Selasa, 16 April 2019

Dompu, 19bersatu.com-- Hari H pelaksanaan Pemilu Serentak Rabu, 17 April 2019 yang dinanti-nantikan oleh Warga Negara Indonesia di seluruh Nusantara akhirnya telah tiba. Pagi - pagi sekali masyarakat berbondong - bondong mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna melaksanakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi tersebut. Seperti yang disaksikan media ini di TPS 1 Dusun O'o Ragi Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB. Sekitar pukul 06. 30 Wita masyarakat mulai mendatangi TPS dengan membawa selembar kartu undangan memilih model C6 yang telah dibagikan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara  (KPPS) sehari sebelumnya.
Sekitar pukul 07.00 Wita seluruh anggota KPPS diambil sumpah yang  dibacakan oleh Ketua KPPS, Sudirman.

Berikut isi sumpah tersebut : Demi Allah saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil dan cermat demi suksesnya Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat,  Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, tegaknya demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Selanjutnya Ketua KPPS didampingi seluruh anggota KPPS mengajak semua saksi partai politik untuk bersama-sama memeriksa kelengkapan kotak suara beserta surat suara dan kelengkapan lainnya. Ketua KPPS juga memperlihatkan 5 jenis surat suara kepada calon pemilih sekaligus memberikan penjelasan mengenai warna surat suara tersebut. "Diingat-ingat warna surat suara supaya tidak keliru saat mencoblos dan memasukkan ke kotak suara," harapnya. Nampak Ketua Panitia Pemungutan Suara  (PPS) Desa Serakapi, Supriadin, S. Pd bersama anggota PPS A. Rafik,  S. Pd dan Latif memantau pelaksanaan pemungutan suara. (AMIN)