Ribuan Masyarakat Terhibur di Puncak FPT 2019
Cari Berita

Advertisement

Ribuan Masyarakat Terhibur di Puncak FPT 2019

Jumat, 12 April 2019

Dompu,  19bersatu.com-- Ribuan masyarakat Kabupaten Dompu bahkan dari Kabupaten Bima, Kota Bima maupun dari Kabupaten Sumbawa yang menghadiri acara puncak Festival Pesona Tambora  (2019) di padang savana Doro Ncanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB merasa sangat terhibur.
Pasalnya acara - acara spektakuler yang disuguhkan dalam perhelatan tersebut cukup atraktif dan enak ditonton meskipun dikemas secara sederhana.

Kehadiran Staf Ahli Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata RI, Dr. Esthy Reko Astuty bersama Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dan sejumlah pejabat di pintu gerbang tenda utama sekitar pukul 08.30 Wita disambut dengan tarian selamat datang "Wura Bongi Monca".

Selanjutnya para tamu undangan beserta ribuan pengunjung yang mengitari sekeliling tenda utama menikmati atraksi tarian Kolosal "Doro Ma Ntika " yang berarti Gunung yang Indah. Sekitar 300 penari  gabungan dari beberapa sanggar seni di Kabupaten Dompu dan dari Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) mempertontonkan gerakan - gerakan lincahnya.
Pengunjung juga dihibur dengan alunan lagu "Pesona Tambora" dan tarian Kolosal "Tambora dan Takdir Cinta" suguhan dari Dinas Pariwisata Provinsi NTB.

Sekitar 1 jam di penghujung acara, pengunjung kembali dihibur dengan penampilan artis Indonesia Idol, Helena yang menyanyikan beberapa lagu. Kegiatan berakhir pada pukul 11.00 Wita.Menurut keterangan sejumlah sumber, penyediaan kebutuhan air bersih dan toilet pada peringatan meletusnya Gunung Tambora ke 204 tahun 2019 yang dikemas dalam FPT 2019 dirangkaikan dengan Hari Jadi Kabupaten Dompu ke 204 ini semakin baik dibandingkan tahun - tahun sebelumnya.
Tak lagi banyak didengar keluhan masyarakat karena persoalan air bersih dan toilet seperti tahun - tahun sebelumnya. Juga tak banyak debu - debu beterbangan sebagaimana tahun - tahun lalu.

Penanganan sampah juga semakin baik. Bahkan ada yang berinisiatif mengumpulkan sampah plastik dimasukkan ke dalam karung dan dimuat kembali ke dalam mobil dalam rangka menindaklanjuti program Zero Waste. Seperti yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Dompu,  Gatot Gunawan, S. KM., M. Kes beserta para stafnya. Pramuka Saka Kencana (DPPKB), Saka Wana (Kehutanan) dan Saka Husada (Dinas Kesehatan) dan Saka - Saka lainnya mengambil bagian dalam kegiatan bersih sampah ini.
Terkait sampah plastik ini, pihak Balai Taman Nasional Tambora juga senantiasa mengingatkan kepada para peserta Teka Tambora agar membawa turun kembali sampah - sampah plastik agar tetap tercipta lingkungan Tambora yang bersih dan asri. (AMIN)