Konsumsi Mie Instan Amankah ? Ini Penjelasan BPOM
Cari Berita

Advertisement

Konsumsi Mie Instan Amankah ? Ini Penjelasan BPOM

Rabu, 01 Mei 2019

Yogi A. Baso, S. Si, Apt (Kepala UPT BPOM Bima)
Dompu, 19bersatu.com-- Mie instan memang sungguh praktis. Mudah diolah dan dalam waktu sekian menit sudah terhidang di atas meja. Citarasanya juga sungguh lezat dan mengundang selera. Apalagi dinikmati bersama seluruh anggota keluarga terasa lebih mantap lagi.
Mengonsumsi mie instan amankah ?
Kepala UPT BPOM Bima Yogi A. Baso Mataram, S. Si, Apt saat memberikan penyuluhan di hadapan ibu-ibu PKK di halaman gedung IKM Mart Desa Mangge Asi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB pada Selasa (30/4) menjelaskan hal itu.
Yogi menerangkan mengonsumsi mie instan itu aman bagi tubuh asal dalam batas-batas kewajaran.
"Secara umum mengonsumsi mie instan itu aman asal tidak berlebihan," jelasnya.
Dikatakannya mie instan memang mengandung penyedap rasa dan bahan pengawet tetapi masih dalam ambang batas yang diperbolehkan.
Namun demikian, lanjutnya kalau dikonsumsi setiap hari juga tidak baik bagi kesehatan karena zat pengawet dan penyedap rasa yang ada di dalam makanan tersebut tidak mudah terurai dalam waktu yang cepat.
"Kalau pagi, siang, sore terus makan mie instan efeknya juga tidak baik bagi kesehatan apalagi makan mie tanpa sayur," urainya.
Ia berharap mengonsumsi mie instan sekedarnya saja dan jangan dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi secara rutin.
Lebih lanjut Yogi mengingatkan mie instan mengandung garam yang cukup tinggi. Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh seseorang yang mengidap penyakit hipertensi dapat meningkatkan tekanan darahnya. "Kalau bapak-bapaknya suka marah-marah setelah makan mie instan bisa jadi karena mengonsumsi banyak garam dalam mie instan itu," ujarnya berseloroh. (AMIN)